Gerak lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah  gerak benda dengan lintasan  yang lurus dan kelajuannya mengalami perubahan yang sama setiap satu sekon.
Berdasarkan kelajuan benda  ada dua macam  Gerak Lurus Berubah Beraturan, yaitu
  • Bila kelajuan benda bertambah dengan nilai yang sama setiap sekonnya, maka disebut  Gerak Lurus dipercepat Beraturan.
  • Bila kelajuan benda  berkurang dengan nilai yang sama setiap sekonnya , maka disebut  Gerak Lurus  Diperlambat Beraturan.
Dari penggolongan tersebut, maka  muncul besaran lainnya, yaitu Percepatan.
Percepatan adalah perubahan kecepatan persatuan  waktu .
Dapat dirumuskan :


atau



Ciri – Ciri Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Untuk memperlihatkan  Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) kita gunakan pewaktu ketik atau ticker timer.


Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengetahui GLBB dipercepat adalah pewaktu ketik, mobil mainan, papan dan penumpu. Posisi mobil mainan adalah arah menurun. Dari percobaan tersebut  menghasilkan  tanda ketikan  yang jaraknya semakin besar dengan perubahan secara teratur.



Apa yang terjadi jika mobil bergerak dijalan yang menanjak, kita lakukan percobaan berikut :




Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Gerak mobil  dengan kelajuan bertambah atau berkurang secara teratur  disebut  gerak lurus berubah beraturan.



Perbandingan perubahan kecepatan terhadap perubahan waktu menyatakan percepatan. Percepatan gerak pada grafik di atas:


Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Grafik tersebut adalah kecepatan terhadap waktu ( v – t). Tampak pada grafik bahwa  mobil A yang bergerak dengan percepatan lebih besar ditunjukkan dengan kemiringan  lebih besar. Jadi dapat kita simpulkan  bahwa makin besar kemiringan grafik kecepatan terhadap waktu maka makin besar percepatan benda.


Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dan Contohnya


Selain gerak lurus beraturan (GLB) masih ada istilah gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji tentang gerak lurus berubah beraturan; pengertian gerak lurus berubah beraturan, rumus gerak lurus berubah beraturan, grafik gerak lurus berubah beraturan, contoh soal gerak lurus berubah beraturan, gerak lurus berubah beraturan dipercepta dan diperlambat.

Pengertian gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Bagaimana sebuah benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan? Untuk lebih jelasnya perhatikan Gambar  berikut ini.

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dan Contohnya
Gambar: Contoh gerak lurus berubah beraturan

Gambar tersebut di atasa menggambarkan sebuah mobil yang bergerak lurus berubah beraturan yang dipercepat. Pada t = 0, mobil dalam keadaan diam atau belum bergerak pada t = 1/2 s mobil bergerak dengan kecepatan 20 ms-1.

Satu detik berikutnya kecepatannya menjadi 40 ms-1, dan seterusnya. Dengan demikian, mobil selalu mengalami perubahan kecepatan sebesar 40 ms-1.

Gerak seperti itulah yang disebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Jadi, gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dan kecepatannya selalu berubah secara beraturan dalam selang waktu tertentu.

Rumus gerak lurus berubah beraturan

Perubahan kecepatan secara beraturan setiap waktu disebut percepatan. Dalam bentuk rumus, percepatan dapat ditulis sebagai berikut.

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dan Contohnya

Dengan:
a = percepatan gerak (ms-2)
vo = kecepatan awal (ms-1)
vt = kecepatan akhir (ms-1)
t = waktu tempuh (s)
Av = perubahan kecepatan (ms-1)

Semua rumus pada GLBB dipercepat juga berlaku untuk GLBB diperlambat. Perbedaannya hanya terletak pada a. Untuk GLBB diperlambat, harga a negatif.

Contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, perubahan kecepatan kadang bertambah atau berkurang. Contoh pengurangan kecepatan gerak yaitu laju sepeda yang direm hingga berhenti.

Gerak yang kecepatannya mengalami pengurangan disebut mengalami perlambatan. Gerak bola vertikal ke atas termasuk salah satu contoh GLBB. Pada saat di lempar ke atas, bola mengalami GLBB diperlambat.

Sebaliknya, saat kembali bergerak ke bawah bola mengalami GLBB dipercepat. Gerakan jatuh bola yang demikian dikenal sebagai gerak jatuh bebas.

Macam-macam gerak lurus berubah beraturan

Dapatkah kamu membedakan antara percepatan dan perlambatan?

1. GLBB Dipercepat

GLBB dipercepat adalah gerak lurus yang percepatannya makin lama makin besar.

2. GLBB Diperlambat

GLBB diperlambat adalah gerak lurus yang kecepatannya makin lama makin kecil.

Contoh soal gerak lurus berubah beraturan

Kereta api bergerak dengan kecepatan 80 ms-1 menuju stasiun. Kereta api tersebut perlahan-lahan direm hingga selang 20 sekon berhenti karena telah sampai di stasiun.

Hitunglah:
a. besar perlambatan yang di alami kereta api,
b. jarak yang ditempuh kereta api dari mulai pergerakan sampai berhenti.

Komentar