Hukum Newton 2 dengan contohnya




Bunyi Hukum Newton 2 lengkap dengan Rumus dan Contohnya dalam Kehidupan



Silahkan simak bunyi hukum newton 2 berikut,



"Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada suatu benda, besarnya berbanding lurus dan searah dengan gaya itu, dan berbanding terbalik dengan massa benda"



Bunyi Hukum Newton 2 lengkap dengan Rumus dan Contohnya dalam Kehidupan 



Dari bunyi hukum 2 Newton ini, kita bisa ambil 2 kesimpulan, yaitu:

  • Besar percepatan berbanding lurus dengan gaya yang diberikan
  • Besar percepatan berbanding terbalik dengan massa benda

Masih bingung? Simak contohnya berikut;



.:: Kasus 1


Misalkan saya memiliki 2 buah kelereng dengan masa yang sama. Yang satu saya berikan sedikit gaya dorong dan yang satunya saya naikan. Nah menurut kalian manakah yang akan menghasilkan percepatan paling besar? Sudah barang tentu yang mendapatkan gaya dorong terbesar. Semakin besar gaya yang diberikan maka percepatannya pun akan semakin membesar. 



Hal ini sesuai bukan dengan hukum newton 2 yang mengatakan bahwa percepatan berbanding lurus dengan gaya yang diberikan?



.:: Kasus 2




Disini saya ambil contoh kelereng lagi. Misalkan ada dua buah kelereng, yang satu berat dan yang satunya lagi ringan. Nah kedua kelereng ini saya dorong dengan gaya yang sama. Menurut kalian manakan yang nantinya akan menghasilkan percepatan paling besar? Tentu yang beratnya paling ringan. Semakin berat suatu benda maka akan semakin kecil percepaannya.



Saya tanya lagi, ini sesuai tidak dengan hukum Newton 2 yang mengatakan bahwa besar percepatan suatu benda berbanding terbalik dengan massanya?



Rumus Hukum 2 Newton



∑F = m.a



dimana ,

∑F  = Resultan Gaya (N)

m = Massa (Kg)

a   = Percepatan (m/s2)




Hukum 2 Newton

Bunyi: “Percepatan (perubahan dari kecepatan) dari suatu benda akan sebanding dengan resultan gaya (jumlah gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa benda.
Maksud hukum newton 2 yaitu massa suatu benda sangat berpengaruh pada gaya dalam suatu sistem. Tambahan atau kurangan massa akan menghasilkan suatu perubahan. Rumusnya yaitu ∑F = m.a
Keterangan:
∑F = Resultan Gaya (kg m/s2)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan (m/s2)
Contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari-hari:
hukum newton 2
  • Mobil kiri lebih cepat melaju daripada mobil yang sebelah kanan karena bermassa kecil (sesuai dengan bunyi hukum 2 newton)
  • Mobil yang berjalan di jalan raya akan memperoleh percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massa mobil itu sendiri.  
versi: http://www.yuksinau.id/hukum-newton-1-2-3/

Hukum II Newton dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

Hukum II Newton dan contoh hukum II Newton – Pada hukum I Newton menyakan bahwa jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda, maka benda yang sedang bergerak konstan akan terus bergerak dan benda yang diam akan tetap diam. Selanjutnya apa yang terjadi apabila benda tersebut diberikan suatu gaya?contoh hukum 2 newton
Newton telah berpendapat bahwa jika suatu benda diberikan gaya maka kecepatan benda akan berubah. Mungkin laju atau kecepatan benda akan bertambah atau akan berkurang. Jika gaya yang diberikan benda searah dengan gerak benda maka benda itu kecepatannya bertambah. Sebaliknya jika gaya itu diberikan kepada benda yang berlawanan arah maka kecepatan benda akan mengecil.
Berawal dari perubahan kecepatan benda itulah menyebabkan percepatan. Lebih simplenya perubahan kecepatan menghasilkan percepatan.
Bunyi hukum II Newton adalah:
Percepatan sebuah benda akan sebanding dengan gaya yang diberikan pada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda. Arah percepatan benda sama dengan arah gaya total yang diberikan pada benda.
Secara matematis hukum II Newton dirumuskan sebagai berikut:
ΣF = m . a
ΣF = resultan gaya (Newton)
m = massa benda (kg)
a = percepatan benda (m/s2)
versi: http://fismath.com/hukum-ii-newton-dan-contohnya/

Komentar