Kerajinan Tanah Liat

Hasil gambar untuk kerajinan tanah liat
Ada banyak sekali bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu karya seni yang bernilai tinggi. Seperti kerajinan dari tanah liat yang memiliki nilai lebih dari pada kerajinan bahan yang lain. Tanah liat merupakan suatu bahan yang bisa dibuat aneka kerajinan tangan.

Bahan ini banyak dipakai karena memiliki tekstur lunak dan mudah dibentuk, sehingga karya yang dihasilkan tidak hanya memiliki nilai estetika tapi juga memiliki nilai guna untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ada juga karya yang dibuat hanya untuk pajangan, sehingga pembuatannya juga di titik beratkan pada nilai estetikanya daripada nilai gunanya.

Cara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

Untuk membuat kerajinan dari tanah liat keuletan serta kesabaran sangat diperlukan, karena proses membuatnya yang memerlukan waktu yang cukup lama.

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat kerajinan ini adalah menyiapkan selurah peralatan serta bahan-bahan yang akan digunakan. Hal ini akan mempermudah pada saat mengerjakan karya dari tanah liat. Sebenarnya banyak cara untuk membuat kerajinan dari tanah liat, ada yang langsung menggunakan tangan langsung tanpa menggunakan alat bantu, ada juga yang menggunakan alat mencungkil atau menoreh teknik ini dikenal dengan teknik membutsir.
Satu lagi teknik yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan dari tanah liat adalah dengan menggunakan pemutar, biasa ini digunakan untuk membuat kerajinan seperti keramik, vas bunga, gentong dan lain-lain. Kali ini kita akan membuat kerajinan tangan sederhana dengan menggunakan tanah liat. Kita cukup menggunakan tangan kita untuk membuatnya.

Untuk membuat kerajinan ini cukup mudah, kita hanya memerlukan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita seperti tanah liat, dan juga peralatan lain untuk memperindah tampilanya.

  • Langkah pertama adalah menyiapkan adonan dari tanah liat.
  • Selanjutnya gepengkan tanah liat sampai berbentuk bulat dan pipih, usahakan agar ketebalan tanah merata.
  • Untuk membuat ukiran atau gambar di atas adonan tanah, kamu bisa menempelkan kain yang mempunyai tekstur timbul, sehingga bila ditempelkan pada adonan akan menimbulkan bekas seperti pola pada kain.
  • Setelah adonan mempunyai gambar pada permukaannya langkah selanjutnya adalah dengan membuat lubang pada bagian pinggir, lubang ini bisa digunakan untuk membuat gantungan.
  • Setelah itu gunakan mangkok kecil, masukan adonan pada mangkok, lalu lapisi semua permukaan mangkok dengan menggunakan tanah liat. Sehingga akan terlihat sebuah manggkok yang terbuat dari tanah liat.
  • Untuk hasil akhir kamu bisa menambahkan pewarna pada karya ini agar terlihat lebih menarik.
  • Untuk lebih jelasnya kamu bisa memperhatikan langkah-langkahnya pada gambar, bila belum berhasil cobalah terus dengan mengulangi dari awal. Ingat kunci sukses membuat kerajinan ini adalah ketekunan.


Komentar